Pesantren Syekh Ali Jaber di Kampung Kurma Cipanas

Pesantren Syekh Ali Jaber di Kampung Kurma Cipanas

Apa yang terbersit dalam benak anda jika berbicara mengenai pondok pesantren? Mungkin saja pikiran anda langsung tertuju pada sebuah bangunan asrama yang identik dengan hiruk pikuk para santri dan santriwati dalam menimba ilmu pengetahuan, baik agama maupun umum. Tak ada hal yang menarik di dalamnya.

Berbeda dengan pondok pesantren yang pada umumnya kerap ada dibenak kita, pesantren Syaikh Ali Jaber di Kampung Kurma Cipanas ini memiliki beberapa perbedaan serta keunikan tersendiri yang membuatnya istimewa.

Diasuh dan Dipimpin Langsung Oleh Syekh Ali Jaber

Keistimewaan pertama pertama yang dimiliki oleh pesantren Syekh Ali Jaber di kampung kurma cipanas ini tentunya hadir dari pengasuh sekaligus pimpinan pesantren ini sendiri, yakni Syekh Ali Jaber. Jika berbicara tentang sosok beliau, tentunya  kita tidak asing lagi dengannya. Beliau sendiri merupakan salah satu sosok yang berpengaruh dalam dalam khasanah Islam nusantara belakangan ini, pasalnya sosok beliau kerap kali tampil sebagai juri hafiz Qur’an di salah satu stasiun TV swasta nasional.

kampung kurma cipanas - syaikh ali jaber dan wabup lebak Ade S
Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi dan Syaikh Ali Jaber dalam Acara Gathering Kampung Kurma Cipanas

Kapabilitasnya dalam mengelola pesantren tak perlu diragukan lagi mengingat didikan yang ia dapatkan sejak kecil telah menempanya menjadi seorang yang tekun dan disiplin. Syekh Ali Kecil mendapat asuhan yang sangat ketat dan disiplin dari ayahnya, khususnya mengenai ketaatan dalam menjalankan perintah agama. Bahkan ayahnya tak segan untuk memukulnya bila ia lalai dalam menjalankan sholat.

Syekh Ali Kecil telah jatuh cinta dalam mendalami dan mempelajari ilmu agama terutama  Al-Quran semenjak usia dini. Ayahnya lah yang menjadi motivasi utama dalam masa-masa awalnya menekuni Al-Quran dengan memberinya sebuah petuah bahwa di dalam Al-Qur’an lah semua ilmu Allah terkumpul.

Beliau sendiri memiliki sebuah masjid yang bisa dikatakan cukup besar di Madinah yang beliau gunakan untuk menyebarkan syiar Islam. Beliau sendiri merupakan putra sulung dari dua belas bersaudara. Sebagai seorang putra tertua ayahnya berharap besar agar beliau mampu meneruskan perjuangan sang ayah dalam menyebarkan syiar Islam.

Walaupun awal perjuangan syiar Islamnya bukanlah keinginannya sendiri, selang berjalannya waktu beliau menyadari bahwa hal tersebut merupakan sebuah kebutuhan bagi dirinya sendiri. Kesadaran tersebutlah yang menjadikan beliau cemerlang dengan menghafal 30 juz saat berusia 11 tahun. Dakwah beliau terus berlanjut di Madinah, selain itu beliau juga aktif menjadi pengajar tahfizh Al-Quran dan menjdai imam di masjid Nabawi.

Letaknya Strategis di Dalam Lokasi Hunian Modern

Hal lain yang membuat pesantren yang dipimpin oleh Syekh Ali Jaber ini berbeda yakni letaknya yang sengaja dibuat strategis, yakni berada dalam lingkungan hunian Islami modern kampung kurma Cipanas. PT Kampung Koerma sendiri berharap dengan adanya pesantren tersebut dapat menjadikan hunian kampung kurma menjadi sebuah hunian Islami yang ideal bagi masa depan anak dan cucu anda yang insha Allah agar menjadi anak-anak yang soleh serta solihah.

Meski konsep hunian yang ditawarkan oleh PT Kampung Koerma ini terkesan mewah dan modern, namun harga yang ditawarkan relatif murah dan terjangkau untuk berbagai kalangan. Hal ini berkaitan erat dengan sistem sistem Islami syariah yang digunakan dalam penjualan kampung kurma sehingga barang yang diperjualbelikan mampu menjangkau kalangan yang lebih luas baik dengan metode pembayaran tunai ataupun cicilan yang sama sekali tidak memberatkan.

Konsep hunian Islami seperti yang ada di pesantren kampung kurma Cipanas ini bukanlah satu-satunya hunian yang ada hingga saat ini. Develover kampung kurma sendiri tengah gencar menerapkan hunian semacam ini di beberapa daerah lain di jawa barat khususnya, seperti kampung kurma Jasinga, kampung kurma Cirebon, dan kampung kurma Sukabumi. Mengingat kesuksesannya di jawa barat, progres kampung kurma tengah meluas hingga ke luar jawa.

Dekat Dengan Kawasan Wisata Agrowisata Kampung Kurma

Selain konsep Islami yang di usung oleh developernya, kampung kurma sendiri menyajikan sebuah wisata agrowisata kebun kurma. Di sini para pengunjung dapat melihat secara langsung dan menikmati buah kurma. Seperti yang kita ketahui bahwa buah yang identik dengan buah Timur Tengah ini selain memiliki rasa manis yang khas juga berisi berbagai kandungan manfaat yang baik bagi tubuh dan kesehatan. Tentu hal ini akan menjadi salah satu daya tarik yang sangat memikat dan menjadi poin lebih pesantren Syekh Ali Jaber di mata masyarakat umum.

Dekat Dengan Akses Berbagai Obyek Wisata

Aktifitas pesantren yang penuh dengan hiruk pikuk dalam menimba ilmu agama tentu tak jarang akan membuat para santri penat dan lelah dalam jangka waktu yang lama. Pesantren Syekh Ali Jaber pondok kurma ini berada di kawasan strategis yang dekat dengan beberapa lokasi wisata seperti pemandian air panas yang cocok untuk relaksasi dan bersantai, arung jeram bagi yang hobi menantang adrenalin, serta menikmati indahnya eksotisme bendungan KARIAN. Jadi tak perlu lagi anda dirisaukan dengan permasalahan liburan atau akhir pekan keluarga jika memiliki hunian di kampung kurma Cipanas karena lokasi strategisnya.

Memiliki Fasilitas Pendukung yang Memadai

Sebagai sebuah pesantren yang berada di tengah kawasan hunian Islami, pesantren Syekh Ali Jaber memiliki berbagai sarana dan prasana yang lengkap guna kepentingan umat dan pembelajaran agama. Untuk berbagai kepentingan acara yang membutuhkan tempat tambahan, pesantren kampung kurma Cipanas memiliki gedung serbaguna Islami yang tentu saja memiliki fasilitas memadai bagi umat.

Pesantren kampung kurma juga memiliki fasilitas kebugaran Islami sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasullullah SAW, yakni berenang, memanah, dan berkuda. Bukan tanpa alasan jika ketiga aktifitas fisik ini dicontohkan oleh beliau mengingat manfaat akan kesehatan yang diberikan bagus.

sarana kampung kurma

Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, pesantren yang berada di kawasan kampung kurma Cipanas ini tak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, kawasan hunian kampung kurma sendiri memiliki sebuah pasar rakyat yang menyediakan berbagai kebutuhan para penghuni yang tentu saja semua produknya terjamin halalnya.

Dari segi akses jalan yang tersedia, pesantren di kawasan kampung kurma Cipanas ini memiliki lebar jalan yang cukup luas, yakni 6 meter untuk jalan lingkungan dan 12 meter untuk akses jalan utama. Selain akses jalan yang terbilang mudah, ruang terbuka hijau yang tersedia juga luas, dengan tersedianya deretan pohon kurma disepanjang jalan. Jadi tak usah khawatir dengan keadaan dan kondisi alam sekitar hunian di pesantren Syekh Ali Jaber ini karena selain Islami pasti asri dan segar.

Itulah sekelumit informasi mengenai pesantren Syekh Ali Jaber di kampung kurma cipanas, sebuah pesantren yang tak hanya menawarkan kemudahan dalam menimba ilmu agama tapi juga berlokasi di kawasan hunian Islami yang mendukung dan kondusif. Bagi anda yang sedang mencari refrensi hunian Islami dengan fasilitas lengkap nan modern, kampung kurma bisa menjadi salah satu prioritas pilihan yang cocok bagi anda untuk masa depan generasi penerus agar menjadi generasi yang soleh dan solihah.

Klik sini untuk informasi lebih lanjut mengenai Kampung Kurma Cipanas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *