Panen 1 Tandan Kurma di Kampung Kurma Jonggol dan Penanaman Site 2

Panen 1 Tandan Kurma di Kampung Kurma Jonggol dan Penanaman Site 2

Alhamdulillah, berikut kami sampaikan salah satu progres dari kampung kurma jonggol, yaitu panen perdana kurma dan sekaligus penanaman siteplan 2-nya. Sebagaimana diketahui, kampung kurma jonggol mulai di launching di tanggal 25 Desember 2016 dan tahun 2018 ini merupakan tahun progres lapangan, mulai landclearing, pengkavlingan, penanaman pohon kurma hingga perawatan sampai dengan berbuah.

Kapan Masa Produktif Pohon Kurma?

Pohon kurma mulai belajar berbuah untuk Pohon yang betina ketika usia rata-rata 4 sampai 7 tahun, untuk jenis tertentu bisa diatas 7 Tahun. Pada awal-awal panen mungkin hanya akan berbuah 5 – 50 Kg saja per panen. Akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya hingga pada usia belasan tahun sampai 50 tahun itu adalah masa tersubur pohon kurma Betina. di Usia 60 tahun ke atas terjadi masa penurunan (produktivitas) yang beragam.

Bagaimana dengan yang jantan? berbeda dengan pohon kurma betina, di usia 3 – 4 tahun pohon kurma Jantan bisa menghasilkan lebih cepat seperti pemanfaatan serbuk sari, polen, dsb yang bisa Anda gunakan bahkan Anda jual ke pasaran. Sekedar bocoran saja, harga serbuk sari pohon kurma Jantan berkisar Rp 2.470.000 / kilogram.

Meski Anda kami berikan gratis 5 buah pohon kurma, tapi kami sangat serius menggarap pohon kurma di Kavling Anda. Anda bisa melihat nantinya sistem penanaman kami menggunakan Good Agricultural Practices (GAP), yang dalam penanamannya sesuai dengan teknologi kekinian yang dianjurkan oleh para Ahli Pertanian. Itulah yang membuat kita yakin, Insyaa Allah penanaman pohon Kurma di Kavling Anda bisa bernilai ekonomi yang luar biasa. Tentunya semua itu dengan Izin Allah.

Chat WA dengan CS Kami